SELAMAT DATANG
DI SEKOLAH STANDART NASIONAL
SMP NEGERI 2 JATISRONO
WIYATA ADI LUHUR BUDI PEKERTI

Senin, 30 Maret 2009

Soal Ms Excel

I. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang tepat!

1. X Simbol disamping merupakan simbol dari perangkat lunak ….
A. Microsoft Excel
B. Open Office Calc
C. Open Office Lembar sebar
D. Microsoft Acces
E. Microsoft Word

2. Menjalankan perangkat lunak pengolah angka di sistem operasi windows dengan cara mengklik Start pilih program kemudian pilih ….
A. Microsoft Word
B. Open Office Calc
C. Open Office Lembar sebar
D. Microsoft Acces
E. Microsoft Excel

3. Cara Membuat lembar kerja baru dengan cepat menggunakan ….
A. Ctrl + N
B. Ctrl + S
C. Ctrl + O
D. Ctrl + P
E. Ctrl + V

4. Jumlah lembar kerja dalam buku kerja terdiri dari ….
A. 345 kolom dan 65545 baris
B. 256 kolom dan 65789 baris
C. 65536 kolom dan 256 baris
D. 67890 baris + 345 kolom
E. 256 kolom dan 65536 baris

5. Untuk menutup Ms Excel digunakan perintah ….
A. File - Open
B. File - Close
C. File - Print
D. File - Exit
E. File - New

6. Workbook dalam Ms. Excel berisi tentang ….
A. Berbagai teks
B. Berbagai menu
C. Kotak referensi
D. Window yang sedang aktif
E. A, B, C benar

7. Dalam Ms. Excel secara default terdiri dari ….
A. 1 sheet
B. 2 sheet
C. 3 sheet
D. 4 sheet
E. 5 sheet

8. Huruf Standart ketika kita mengaktifkan Ms. Excel adalah ….
A. times new roman 10
B. arial 10
C. tahoma 10
D. comic 10
E. algerian 10

9. Dalam kotak dialog New, workbook terletak pada tab ….
A. Spreadsheet solution
B. Open
C. Look In
D. General
E. Semua Jawaban Salah

10. Sel A1:B10 disebut alamat ….
A. sel semi absolut
B. sel relatif
C. sel absolut
D. sel aktif
E. sel semi arelatif

11. File, Edit, View, dll dalam Ms Excel di sebut ….
A. Menu Bar
B. Title Bar
C. Toolbars
D. Cell Pointer
E. Scroll Bar

12. Simbol disamping disebut dengan ….
A. Tombol Maximize
B. Tombol Minimize
C. Tombol Restore
D. Tombol Close
E. Tombol Close Window

13. Untuk mengatur format tampilan huruf dengan meng-klik menu format memilih cell kemudian memilih Tab….
A. Font
B. Border
C. Alignment
D. Number
E. Pattern

14. Untuk meratakan tampilan data rata tengah digunakan jenis format perataan ….
A. Center
B. Right
C. Left
D. Justify
E. Merge

15. Dengan meng-klik menu Format - Row - Height digunakan untuk ….
A. Tidak ada pengaruh
B. Melebarkan baris
C. Meninggikan kolom
D. Melebarkan kolom
E. Meninggikan baris

16. Untuk memindah data dengan meng-klik menu edit kemudian pilih ….
A. Cut
B. Copy
C. Paste
D. Paste Spesial
E. Select All

17. Perintah Format - Cell - Patterns-Shading digunakan untuk membuat ….
A. Mengatur Huruf
B. Garis
C. Number
D. Arsiran
E. Perataan Huruf

18. Memberi simbol Rp. Pada lembar kerja yang menyatakan nilai uang dengan memilih menu format - cell- number dari kotak dialog yang tampil memilih tab ….
A. Date
B. Number
C. Accounting
D. Time
E. Percentage

19. Menampilkan text sesuai dengan lebar kolom dengan mengaktifkan fungsi text control ….
A. wrap text
B. Shrink to fit
C. Merge cells
D. Center across selection
E. Orientation

20. Untuk mengatur format perataan text dengan memilih menu Format - Cell dari kotak dialog yang muncul milih tab ….
A. Pattern
B. Font
C. Number
D. Alignment
E. Border

21. ^ (circumflex accent) dalam proses rumus perhitungan digunakan untuk ….
A. Perkalian
B. Pembagian
C. Pengurangan
D. Penjumlahan
E. Perpangkatan

22. Untuk menghitung data dalam satu Range digunakan fungsi ….
A. Max
B. Sum
C. Average
D. Count
E. Round

23. Untuk merubah ukuran kertas menjadi A4 menggunakan perintah ….
A. Print Preview
B. Print Setup
C. Page Setup
D. Print Area
E. Clear Print Area

24. Untuk mencetak hanya range tertentu sesuai dengan yang diblok menggunakan perintah ….
A. Print Setup
B. Print Area
C. Print Preview
D. Clear Print Area
E. Print

25. Ctrl + P digunakan untuk perintah ….
A. Mencetak dokumen
B. Membuka dokumen
C. Menyimpan dokumen
D. Membuat dokumen
E. Menutup Lembar Sebar

26. Untuk menentukan hasil pencetakan dengan arah kertas tidur (horisontal) memilih ….
A. Properties
B. Portraid
C. Vertical
D. Horizontal
E. Landscape

27. Untuk mencetak seluruh Sheet di Buku Kerja pada menu dialog printer option print what dengan memilih ….
A. Entire Workbook
B. Selection
C. List
D. Active Sheet (s)
E. Copies

28. Langkah untuk menyisipkan 2 kolom adalah ….
A. blok 2 kolom – edit – rows
B. blok 2 kolom – edit – columns
C. blok 2 kolom – insert – columns
D. blok 2 kolom – format – rows
E. blok 2 kolom – format – columns

29. Tempat yang kita gunakan untuk meletakkan data yang kita masukkan adalah ….
A. Formula Bar
B. Cell
C. Name Box
D. Workbook
E. Toolbar

30. Menubar yang digunakan untuk menyisipkan lembar kerja baru adalah ….
A. File
B. Edit
C. View
D. Insert
E. Table

31. Apabila terjadi kesalahan pada waktu memasukkan data maka langkah awal yang harus kita lakukan adalah memilih tombol ….
A. F1
B. F2
C. F3
D. F4
E. F5

32. Pada waktu kita memasukkan data numerik, secara otomatis data akan berada pada posisi ….
A. rata kiri
B. rata tengah
C. justify
D. rata kanan
E. center

33. Untuk menghapus data dalam suatu sel menggunakan cara ….
A. sorot sel yang akan dihapus, tekan enter
B. sorot sel yang akan dihapus, tekan tab
C. sorot sel yang akan dihapus, tekan delete
D. sorot sel yang akan dihapus, tekan eraser
E. sorot sel yang akan dihapus, tekan backspace

34. Simbol yang digunakan untuk memulai menuliskan/mengetikkan rumus pada sel adalah ….
A. +
B. –
C. :
D. =
E. ?

35. Lambang bagi dalam Ms. Excel adalah ….
A. /
B. :
C. –
D. ;
E. \

36. Bentuk penulisan fungsi matematik untuk menentukan nilai pembulatan adalah ….
A. =MOD(angka:pembagi)
B. =INT(angka)
C. =ROUND(angka:angka_digit)
D. =ABS(angka)
E. =SUM(range)

37. =SUM(C3:C10), bentuk penulisan disamping digunakan untuk menghitung ….
A. jumlah suatu sel
B. rata-rata dalam suatu sel
C. banyaknya data dalam suatu sel
D. nilai terbesar dalam suatu sel
E. nilai terkecil dalam suatu sel

38. Dalam fungsi IF di bawah ini, yang dinyatakan sebagai persyaratan yang akan diuji =IF(D12>=75,”Diterima”,”Ditolak”) adalah ….
A. =IF
B. D12>=75
C. Diterima
D. Ditolak
E. =IF(D12

39. Di bawah ini penulisan fungsi statistik yang tepat untuk mencari rata-rata dalam range adalah ….
A. =Sum(C5:C10)
B. =Average(C5:C10)
C. =Count(C5:C10)
D. =Mode(C5:C10)
E. =Max(C5:C10)

40. Filter adalah adalah tampilan dalam menu ….
A. Data
B. Tools
C. Format
D. Insert
E. View

41. Sembilan menu tampilan untuk menjalankan perintah program disebut ….
A. Title Bar
B. Menu Bar
C. Sizing Button
D. Toolbar Drawing
E. Scroll Bar

42. Submenu berikut ini terdapat dalam deretan menu format, kecuali ….
A. Cells
B. Rows
C. Formula Bar
D. Sheet
E. Range

43. Chart berada pada deretan menubar ….
A. View
B. Data
C. Format
D. Insert
E. File

44. Submenu cut, copy dan paste berada pada deretan menubar ….
A. File
B. Format
C. View
D. Insert
E. Edit

45. Pertemuan antara baris dan kolom disebut ….
A. Range
B. Cell
C. Status Bar
D. Worksheet
E. Workbook

46. Kotak yang berisi referensi sel yang sedang aktif disebut ….
A. Active cell
B. Workbook
C. Worksheet
D. Nama Box
E. Formula Bar

47. Kolom dalam Ms. Excel ditandai dengan ….
A. 1-256
B. 1-65536
C. A-IV
D. A-Z
E. Z-A

48. Baris dalam Ms. Excel ditandai dengan ….
A. 1-256
B. 1-65536
C. A-IV
D. A-Z
E. Z-A

49. Untuk mengatur tampilan urutan data menggunakan perintah ….
A. Form
B. Filter
C. Subtotal
D. Sort
E. Validation

50. Untuk mengakhiri atau menutup program aplikasi Ms. Excel menggunakan ….
A. File-Exit
B. File-Open
C. File-Print
D. File-New
E. File-Save

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan jelas!
1. Submenu file yang digunakan untuk mencetak buku kerja adalah ….
2. Submenu yang digunakan untuk mengulang perintah terakhir adalah ….
3. Menubar yang digunakan untuk menyisipkan simbol adalah ….
4. Kombinasi tombol keyboard yang digunakan untuk menampilkan format cells adalah …
5. Submenu sort digunakan untuk ….
6. Untuk menggabung sell menggunakan menu ….
7. Program lembar kerja disebut ….
8. Dalam Ms. Excel terdapat …. menubar.
9. Page break preview terdapat dalam menu ….
10. Kolom terakhir dalam Ms. Excel dinotasikan dengan huruf ….

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan menurut pendapatmu apa program Microsoft Excel itu!
2. Jelaskan kegunaan dari sizing button!
3. Jelaskan yang dimaksud dengan name box!
4. Sebutkan lima tampilan dalam menu edit!
5. Jelaskan langkah-langkah menutup Ms. Excel tanpa menyimpan dokumen yang kita buat!

SELAMAT MENGERJAKAN !
Kejujuran Kunci Keberhasilan & Kesuksesan